Sabtu, 19 September 2015

Liburan dari Surabaya ke Bali Via Pesawat



Surabaya dan Bali adalah dua kota yang sangat berdekatan. Bagi anda yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya mungkin sudah memiliki pilihan untuk berlibur ke Bali, entah itu menggunakan bus maupun via pesawat terbang. Nah bagi anda yang pertama kali liburan ke Bali dari Surabaya dengan naik pesawat, berikut tipsnya :


1. Km pergi ke agen travel, lalu tanyakan rute Surabaya. - Bali untuk tanggal sekian dan jam sekian, setelah ngisi data diri dan tiketnya dicetak oleh pihak travel, kamu tinggal bayar sesuai yg tertera di tiket, tiketnya simpan baik-baik yh.
2. Packing, kalau packing barang km bisa kotak kardus atau tas troli [Yang ada rodanya itu] untuk diisi pakaian, sendal dan yg lainnya, kalau kotak kardus dilakban semuanya pakai lakban yg kuat lalu dikasih nama biar enak nantinya, packing kotak kardus/tas troli ini enaknya ditaruh di bagasi [Kalau tas troli harus pakai kunci gembok biar aman]. Kalau tas troli km tdk terlalu besar, km bisa membawanya ke dalam kabin [Repot sh].
Lalu bawa lagi 1 buah tas kecil/sedang untuk membawa hal-hal penting seperti laptop atau dokumen penting, tas ini harus masuk ke kabin.
3. Datang ke Bandara, usahakan km sudah sampai di bandara 2 jam sebelum keberangkatan biar check in nya ngga banyak antri & bisa request tempat duduk di pesawat, ingat KTP atau data diri lain hrs dibaw yh.
4. Masuk bandara, di bandara Juanda ada 2 pintu masuk bandara, yg sebelah kiri untuk rute internasional, yg sebelah kanan untuk rute lokal, km masuk lewat pintu sebelah kanan, kalau ngga tahu nanya aja ke petugas kebersihan disana.
5. Masuk ke bandara km harus menunjukkan tiket pesawat yg telah km beli di agen travel tadi.
6. Setelah masuk semua tas dimasukkan ke alat pemindai barang, Kalau ngga mau repot HP km dimasukkan ke dalam tas kecil tadi juga, badan km juga akan diperiksa [Tergantung petugasnya sh saya kemarin ngga diperiksa].
7. Sekarang km harus mencari counter check in sesuai nama maskapai dan rute tujuan. Hati-hati yh kadang ada jasa yg memaksa km untuk melapisi tas km dgn lakban atau tali dan dikenakan biaya 10.000, lumayan makan waktu nh.
Di bagian atas counter check in lihat dulu nama maskapainya [Misalnya km naik maskapai Lion Air], kalau baca lagi rute Surabaya - Bali, cocokkan juga nomor penerbangan dan jam penerbangan dgn yg ada di tiket km. Kalau sdh ketemu, langsung deh ikut ngantri atau kalau,ngga ada antrian langsung saja km ke depan.
8. Km disuruh menunjukkan tiket dan KTP, disini km bisa minta kursi sama petugasnya, bilang aja "Tolong kursinya yg dekat jendela yh". Lalu km disuruh membayar airport taxt atau pajak bandara sebesar 40.000. Disini jika ada barang yg akan dimasukkan ke.bagasi, barang itu harus ditimbang dulu, kalau melebihi batas dikenakan biaya lagi, jadi usahakan utk barang di bagasi jangan sampai lbh dr 15Kg beratnya.
9. Lalu km akan mendapatkan semacam karcis yg berisi nomor tempat duduk km, eeeisst tiket tadi masih hrs km simpan jangan sampai hilang [Tiketnya simpan di tas saja], karcis yg berisi nomor tempat duduk tadi taruh di kantong.
10. Di dalam karcis tadi juga terdapat di gate berapa km akan boarding pesawat, misalnya km dpt boarding di gate 5C, silahkan menunggu di depan gate tsb, biasanya ada tempat duduknya kok.
11. Perhatikan pengumuman yg sering diucapkan petugas bandara lewat petugas handara, biasanya bunyinya gini "Kepada penumpang pesawat Lion Air dengan No. penerbangan JT 222 [misalnya] tujuan Bali dipersilahkan untuk memasuki ruang tunggu". 



Kalau ada pengumuman yg nama maskapai, nomor penerbangan, jam keberangkatan dan rute keberangkatannya sama dgn yg ada di karcis itu silahkan km masuk ke gate 5 [Misalnya].
Km juga bisa cek status penumpang pesawat di layar yg ada masing-masing di depan gate, di monitor itu akan ada data nama maskapai, nomor penerbangan, rute penerbangan dan statusnya, statusnya ada macam-macam di antaranya : Check In, Waiting in Boarding Room/menunggu di ruang tunggu, depatures/berangkat, cancel/ditunda, kalau status untuk penerbanganmu sdh Waiting in boarding room/menunggu di ruang tunggu, langsung saja masuk ke gate tsb. Masuk ke gate barang bawaan km diperiksa lagi lewat alat pemindai.
12. Lalu km tinggal duduk deh menunggu untuk masuk pesawat, di setiap gate biasanya ada 2 pintu [Tergantung Bandara Juga] di setiap pintu ada petugas yg akan mengumumkan kalau penumpang sdh bisa masuk ke dalam pesawat, biasanya pengumumannya ngga pakai mic jadi saran kalau nunggu pesawat duduknya dekat petugas yg jaga pintu aja biar jelas, pengumumannya biasanya gini "Lion Air rute Bali dipersilahkan masuk ke pintu ini". Lalu km masuk pintu itu dan menyerahkan karcis yg di dapat pas check in tadi, ada yg disobek petugasnya lalu sisa karcisnya dibalikin lagi ke km. Petugasnya juga biasanya memberitahu turun pakai bis atau langsung lurus saja ke dalam pesawat, kalau ragu km bisa nanya sama penumpang lain biar ngga salah naik pesawat [Saya kemarin juga nanya orang biar enak].


Nah ada lagi tips lainnya yaitu anda bisa menggunakan jasa travel Bali Aga Tour dengan membeli Paket Tour Surabaya Bali + Tiket Pesawat. Kelebihan lain dengan menggunakan Bali Aga Tour adalah anda akan dijelaskan langkah demi langkah di Juanda hingga ke Bali, dan balik lagi ke Surabaya. Selamat berlibur di Pulau Dewata.

1 komentar: